Ads Top

Indonesia Beli 5 Pesawat Angkut Militer Airbus A400M Atlas


Pemerintah Indonesia menyetujui proposal untuk membeli 5 pesawat angkut Airbus A400M Atlas sebagai bagian untuk meningkatkan mobilitas militer Indonesia. Demikian yang dilansir kantor berita IHS Janes pada 18 Januari.

Pesawat ini akan digunakan sebagai alat transport dan angkut serbaguna dan akan dioperasikan oleh skuadron 31 dan 32 TNI AU.


Proses akuisisi ini telah mendapat lampu hijau juga dari DPR Komisi I pada pertengahan Januari 2017. Dalam kontrak pembelian 3 dari 5 pesawat tersebut akan dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia di Bandung sedang 2 lainya dirakit di Sevilla, Spanyol.

Transfer teknologi ini bisa menjadi bekal bagi PT DI untuk membuat pesawat angkut sendiri di masa datang.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu telah memberi sinyal tentang rencana pembelian ini sejak pertengahan 2016, saat itu dia membuat statemen bahwa pemerintah lebih tertarik pada pesawat buatan Airbus dibanding Hercules.

Spesifikasi Airbus A400M, bisa membawa muatan hingga 37 ton dengan volume 340 m3 jika dikonfigurasi menjadi pesawat logistik murni.

Sebagai pengangkut personel, pesawat ini mampu mengangkut 166 personel dengan 4 baris tempat duduk.

Jika diisi muatan penuh, A400M bisa terbang sejauh 3.300KM. Kelebihan lain, pesawat ini bisa lepas landas dari landasan pacu yang panjangnya hanya 750meter.

Sumber: IHS Jane

No comments:

Powered by Blogger.